Header Ads Widget

Responsive Advertisement

OBAT SIMVASTATIN, KENAPA HARUS DI KONSUMSI PADA MALAM HARI?

Apa itu Obat Simvastatin? 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu simvastatin, Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu obat Hipolipidemik, merupakan obat yang digunakan untuk menurunkan kadar lipid plasma. sedangkan Hiperlipidemia adalah meninggkatnya salah satu atau lebih kolesterol, fospolipid atau Trigliserida dalam plasma darah. 

Obat Hipolipidemik

  • Golongan Statin, contohnya Simvastatin,Lovastatin, Atorvastatin, Pravastatin dan Rosuvastatin. Nah obat simvastatin ini merupakan obat golongan statin yang dapat menghambat pembentukan kolesterol didalam tubuh. 
Mekanisme kerja golongan ini adalah, dengan menghambat secara kompetitif koenzim 3-hidroksi-3-metilglutaril (HMG CoA) reduktase, yaitu enzim yang berperan dalam sintesis kolesterol. jika enzim ini di blok, maka pembentukan kolesterol didalam tubuh tidak terjadi. 


Selain sebagai obat untuk menghambat terbentuknya kolesterol didalam tubuh, obat golongan statin juga dapat mengurangi serangan penyakit kardiovaskular, karena kerjanya yang menghambat enzim HMG-CoA didalam tubuh yang berperan penting pada pembentukan kolesterol, yakni dengan menurunkan LDL (lemak jahat).
Obat golongan statin ini bekerja di Hati, kenapa demikian? Pembentukan awal dari kolesterol terjadi di dalam hati, dimana obat ini berinteraksi dengan enzim Citokrom P450 (CYP 450) yang banyak terdapat di dalam hati, sehingga jika obat ini diberikan kepada pasien dengan riwayat ganguan hati, maka akan dapat mempeberat sakit yang diderita pada pasien hati. jika ini berlanjut makan akan mengakibatkan sirosis hati yang lebih parah. 

KENAPA DIMINUM PADA MALAM HARI?

obat simvastatin diminum 1 kali sehari dengan dosis yang ditentukan oleh dokter. Kenapa harus di minum di malam hari? Kolesterol yang terdapat di dalam tubuh terbentuk pada saat malam, dimana tubuh dalam keadaan istirahat, jadi simvastatin baiknya diminum ketika malam hari dan pada saat sebelum tidur, agar obat tersebut dapat bekerja lebih efektif.

Terimakasih

 Referensi :

 Buku FArmakologi dan Terapan UI


Post a Comment

0 Comments